Metodologi Penelitian Pendidikan Pdf Download
Click Here ::: https://urlca.com/2tyvgJ
Metodologi Penelitian Pendidikan: Konsep dan Aplikasi
Metodologi penelitian pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara melakukan penelitian di bidang pendidikan. Penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji pengetahuan tentang fenomena-fenomena yang berkaitan dengan pendidikan. Penelitian pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti metode kuantitatif, kualitatif, atau campuran.
Salah satu metode yang sering digunakan dalam penelitian pendidikan adalah metode observasi. Metode observasi adalah suatu cara memperoleh data dengan cara mengamati secara langsung fenomena yang diteliti. Metode observasi dapat dilakukan dengan berbagai teknik, seperti teknik partisipan, non-partisipan, terstruktur, atau tidak terstruktur. Metode observasi membutuhkan instrumen yang valid dan reliabel untuk merekam data yang diperoleh. Instrumen yang biasa digunakan adalah lembar format observasi, yang berisi kriteria-kriteria yang akan diamati dan skala penilaian yang sesuai[^1^].
Metodologi penelitian pendidikan tidak hanya membahas tentang metode dan instrumen penelitian, tetapi juga tentang konsep-konsep dasar yang mendasari penelitian pendidikan, seperti paradigma, variabel, hipotesis, sampel, desain, analisis data, dan laporan penelitian. Metodologi penelitian pendidikan juga memberikan contoh-contoh aplikasi dari berbagai metode penelitian dalam studi-studi kasus yang relevan dengan bidang pendidikan. Metodologi penelitian pendidikan dapat membantu para peneliti pendidikan untuk merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan hasil penelitian mereka secara sistematis dan ilmiah.
Untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang metodologi penelitian pendidikan, Anda dapat mengunduh pdf dari buku "Metodologi Penelitian Pendidikan" yang ditulis oleh Hani Subakti dan Dina Chamidah dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya[^1^]. Buku ini berisi materi-materi lengkap dan terkini tentang metodologi penelitian pendidikan, serta dilengkapi dengan latihan-latihan dan studi-studi kasus yang menarik. Buku ini cocok untuk digunakan sebagai bahan ajar atau referensi bagi mahasiswa, dosen, guru, dan praktisi pendidikan.
Metode observasi adalah salah satu metode yang sering digunakan dalam penelitian pendidikan, terutama yang bersifat kualitatif. Metode observasi memiliki beberapa kelebihan, seperti dapat mengungkap fenomena yang tidak dapat diungkapkan oleh subjek penelitian secara verbal, dapat mengamati perilaku secara alami tanpa intervensi peneliti, dan dapat memberikan gambaran yang holistik dan mendalam tentang situasi dan konteks penelitian. Namun, metode observasi juga memiliki beberapa kelemahan, seperti membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar, rentan terhadap bias dan subjektivitas peneliti, dan sulit untuk menggeneralisasi hasilnya ke populasi yang lebih luas.
Untuk melakukan metode observasi dengan baik, peneliti harus mempersiapkan beberapa hal, seperti tujuan observasi, subjek atau objek observasi, lokasi observasi, waktu observasi, teknik observasi, instrumen observasi, dan prosedur observasi. Tujuan observasi adalah apa yang ingin dicapai atau diketahui oleh peneliti melalui pengamatan. Subjek atau objek observasi adalah siapa atau apa yang akan diamati oleh peneliti. Lokasi observasi adalah tempat di mana pengamatan dilakukan. Waktu observasi adalah kapan pengamatan dilakukan. Teknik observasi adalah cara atau metode yang digunakan untuk melakukan pengamatan. Instrumen observasi adalah alat atau bahan yang digunakan untuk merekam data pengamatan. Prosedur observasi adalah langkah-langkah atau tahapan yang dilakukan dalam melakukan pengamatan.
Salah satu contoh penelitian pendidikan dengan metode observasi adalah penelitian yang dilakukan oleh Ai Kartini Mustiani (2021) tentang dampak pendidikan keluarga terhadap perilaku menyimpang remaja di Desa Setiawaras Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti melakukan observasi terhadap remaja yang berperilaku menyimpang dan orang tua mereka untuk mengetahui pola didikan keluarga yang diterapkan. Peneliti menggunakan lembar format observasi sebagai instrumen pengamatan. Peneliti mengamati perilaku remaja dan orang tua di rumah dan di lingkungan sekitar secara langsung dan tidak langsung. Peneliti juga melakukan wawancara dan studi dokumentasi untuk melengkapi data pengamatan[^2^]. 061ffe29dd